Inilah Cara Bikini MX Memperingati Hari Jadinya yang Kelima

Inilah Cara Bikini MX Memperingati Hari Jadinya yang Kelima

NEWS.VMX.ID – Ketika Anda berada dalam satu keadaan formal — baik itu pendidikan atau pekerjaan — Anda pasti akan menemukan satu atau bahkan lebih…

Publish by: Ramadhan Abizar 28/11/2022

NEWS.VMX.ID – Ketika Anda berada dalam satu keadaan formal — baik itu pendidikan atau pekerjaan — Anda pasti akan menemukan satu atau bahkan lebih orang yang memiliki kesamaan hobi. Bersama mereka, Anda akan merasakan keterikatan lebih yang dapat membuat Anda betah berada dalam keadaan formal tersebut.

Kesamaan hobi inilah yang mengilhami berdirinya Bikini MX, sebuah tim balap dirt-bike asal Bandung, Jawa Barat. Berdiri sejak 2017, Bikini MX didirikan berdasarkan rasa cinta terhadap dunia otomotif, khususnya dirt-bike.

“Bikini MX berdiri sejak tahun 2017 di Baros. Para penghobi motor khususnya pengusaha-pengusaha, mereka punya hobi yang sama. Maka dari itu, didirikanlah Bikini MX,” ujar Irva Sobarry, ketua penyelenggara event “5th Anniversary of Bikini MX” di Sirkuit Brigif 15 Kujang II, Minggu [20/11] lalu.

“Selain ingin mempererat tali silaturahmi antar sesama pecinta dirt-bike, kami juga ingin memajukan industri enduro dan adventure di Indonesia, khususnya di Bandung,” tambah Irva lagi.

Satu hal yang menarik dari Bikini MX adalah namanya yang terkesan nyeleneh. Saat disinggung terkait penamaan ‘Bikini MX’, Irva mengutarakan bahwa hal ini terjadi karena mereka ingin mengikuti tren yang berlaku. “Biar kekinian aja sih,” ujar Irva sembari tertawa.

Hingga saat ini, Bikini MX memiliki banyak racer, namun hanya tujuh orang yang aktif. Di antaranya ada M. Excel, Nizam Haikal, Eki Kelana, Mukti Oil, Deva, dan H. Dendi. Dari ketujuh racer tersebut, Nizam Haikal (kelas open) dan Eki Kelana (kelas hobby) termasuk yang bergabung dari awal sekaligus pula turut mendirikan Bikini MX.

Keenam racer Bikini MX saat balap enduro di Garut, 2020 (image source: instagram.com/bikini_mx)

Irva berujar bahwa sifat tenang merupakan poin paling utama yang diterapkan kepada racer Bikini MX. Menurutnya, para racer tidak boleh rusuh selama balap. Yang penting mereka selamat sampai garis finish.

“Kita sih targetnya nggak melulu harus juara. Intinya mereka harus tenang dan nggak rusuh. Yang penting selamat, bisa terus bersilaturahmi, dan berkarya,” ujar Irva.

Saat ini, Bikini MX memiliki empat unit motor build-up dengan jumlah CC mulai dari 250cc hingga 450cc. Keempat unit motor build-up tersebut di antaranya adalah Husqvarna, KTM, KLX, dan Gas Gas

Khusus untuk KLX, jumlah CC yang digunakan berkisar antara 140cc hingga 150cc. Adapun keempat motor ini digunakan dalam tiga kelas: open, hobby, dan adventure.

Totalitas dan profesionalitas Bikini MX dalam menjajal dunia dirt-bike berlanjut dengan keikutsertaan mereka dalam mendirikan event balap untuk kategori adventure dan enduro. 

Bikini MX telah rutin mendirikan event balap sejak awal berdiri pada 2017. Event pertama Bikini MX diadakan pada 2017 di sirkuit Kiara Payung, Jatinangor, berlanjut ke event kedua yang diadakan di Gunung Bromo pada 2018.

Team Bikini MX saat balap enduro di Gunung Bromo, 2018 dalam rangka memperingati anniversary nya yang ke-2 (image source: instagram.com/bikini_mx)

Alih-alih mengadakan event balap untuk memperingati hari jadinya yang kedua, Bikini MX mengadakan acara buka puasa bersama dan santunan kepada anak yatim pada 2019. Sementara di tahun selanjutnya, Bikini MX tidak mengadakan event apapun karena pandemi COVID-19 yang melanda ketika itu.

Setelah sempat tertunda karena satu dan lain hal, akhirnya Bikini MX kembali mengadakan event balap untuk memperingati hari jadinya yang kelima bertajuk “5th Anniversary of Bikini MX” pada 19 hingga 20 November lalu. Event tersebut mengambil tempat di Sirkuit Brigif 15 Kujang II, Gunung Bohong, Cimahi, Jawa Barat. 

Event “5th Anniversary of Bikini MX” ini terbagi ke dalam empat kelas: kelas open (lokal modif open, KLX open, built-up open), kelas -30 (lokal modif, KLX, built-up), kelas 30+ (lokal modif, KLX, built-up), dan supporting class (lokal pemula, build-up hobby, adventure hobby, 40+, FFA wanita, kelas Bikini MX, TNI/Polri/ASN). 

“Yang membedakan event kami tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya adalah sekarang lebih banyak yang membantu, jumlah pesertanya lebih banyak yang ikutan, dan sponsor juga lebih banyak yang masuk,” ujar Irva.

Irva mengaku bahwa ia dan rekan-rekannya di Bikini MX berencana untuk menyelenggarakan tur adventure ke 12 kota. Namun hingga saat ini, rencana tersebut masih belum dapat terealisasikan karena kesibukan dari masing-masing anggotanya. 

“Harapan saya untuk Bikini MX ini semoga bisa tetap kompak, tetap solid, semoga bisa tetap sukses dunia akhirat. Saya juga berharap semoga motocross dan enduro tetap jaya selalu. Kita buat Indonesia lebih maju,” ujar Irva sembari menutup percakapan.