Setelah Dua Dekade, Pembalap Honda Akhirnya Berhasil Raih Kemenangan di AMA Supercross

Setelah Dua Dekade, Pembalap Honda Akhirnya Berhasil Raih Kemenangan di AMA Supercross

Written by Munandar Nuch Arsih VMXMedia.ID – SEKITAR satu tahun lalu, saat event Pro Motocross diselenggarakan, Honda menggunakan momentum event tersebut untuk merayakan 50…

Publish by: VMX Media 24/05/2023

Written by Munandar Nuch Arsih

VMXMedia.IDSEKITAR satu tahun lalu, saat event Pro Motocross diselenggarakan, Honda menggunakan momentum event tersebut untuk merayakan 50 tahun balap motocross di Amerika. Momentum perayaan tersebut lengkap dengan grafik retro dan perlengkapan retro, ditambah perayaan malam selebrasi.

Saat itu, keempat pembalap tim Honda: Chase Sexton, Ken Roczen, Jett Lawrence, dan Hunter Lawrence sukses meraih podium 1 dan 2. Chase Sexton dan Ken Roczen di kelas 450SX, sedangkan Jett dan Hunter Lawrence di kelas 250SX.

Dominasi podium yang Honda lakukan di Pro Motocross tahun lalu sulit diungguli. Di kelas 450SX, Sexton hampir saja juara, tetapi Eli Tomac menyisihkannya di babak final. Honda telah menghasilkan banyak kemenangan selama beberapa tahun bersama duo Lawrence, Sexton, dan Roczen.

Chase Sexton menyelesaikan Kejuaraan Monster Energy AMA Supercross tahun ini dalam keadaan yang tidak terduga. Eli Tomac mengalami cedera pada bagian tendon achilles-nya saat memimpin balapan dan seri di babak berikutnya hingga terakhir. Sedangkan, Sexton berada di posisi kedua. Dengan absennya Tomac, gelar juara yang telah lama diperjuangkan Honda, akhirnya terlaksana.

Setelah dua dekade gagal, akhirnya Honda mampu meraih kembali trofi kemenangan di AMA Supercross. Sexton dan Jett Lawrence menyapu bersih balapan utama di putaran Salt Lake City, sedangkan Jett dan Hunter Lawrence menyapu bersih kejuaraan Timur dan Barat kelas 250SX.

Tahun ini, untuk pertama kalinya, satu tim memenangkan ketiga gelar juara AMA Supercross. Sebelumnya, pada 1991, Kawasaki telah melakukan ini bersama tim pabrikan Pro Circuit di kelas 250SX. Padahal, saat itu, Honda mampu menyapu bersih, tapi gagal menjadi juara dunia. Untungnya, saat itu di kelas 450SX, Colt Nichols memenangkan 450 Rookie of the Year. Sedangkan, tim Honda berhasil memenangkan gelar penghibur AMA Manufacturer’s Cup.

Akankah di ajang kejuaraan selanjutnya tim Honda mampu mempertahankan kemenangan tersebut? Kita saksikan bersama-sama yaa braaapers!