Jaroslav Falta Legend Motocross Cekoslowakia Dengan Eksistensi Mendunia

Jaroslav Falta Legend Motocross Cekoslowakia Dengan Eksistensi Mendunia

VMX.ID – Karir Jaroslav Falta di balap Motocross Grand Prix 250 selama sepuluh tahun lebih dominan dikenal diluar Cekoslowakia. Pebalap asal cekoslowakia ini, mengawali…

Publish by: VMX Media 29/03/2022

VMX.ID – Karir Jaroslav Falta di balap Motocross Grand Prix 250 selama sepuluh tahun lebih dominan dikenal diluar Cekoslowakia. Pebalap asal cekoslowakia ini, mengawali karir Bersama motor pabrikan Cekoslowakia yaitu CZ di tahun 1970 – 1980 an. Eksistensinya tidak pernah terlewat masuk sepuluh besar dalam setiap balapan.

Jarolav lahir di Rumburk, Cekolovakia, pada 23 Maret 1951 dan menjadi legenda motocross Cekoslowakia, Presiden Milos Zeman menganugerahkan mahkota pebalap Motocross Cekoslowakia di abad ini. Penganugerahan Medal of Merit of the First Degree  di tahun 2020, membuktikan Jaroslav menjadi bagian sejarah motocross Ceko berikut merek motor CZ asal Cekoslowakia.

Perjalanan karir Balapannya untuk tim CZ Cekoslowakia yang dikuasai komunis,  Jaroslav Falta memiliki perspektif berbeda tentang olahraga ini daripada kebanyakan pebalap.  Jaroslav yang merindukan hari-hari kejayaan dominasi CZ di akhir tahun 60-an dan harus menerima fakta dapat membesut CZ  diawal tahun 1970-an. Menurutnya, CZ  yang ketinggalan jaman melawan kekuatan motor karya Jepang  melalui eksistensi mantan pembalap CZ Joel Robert dan Roger DeCoster di Suzuki.

Pebalap yang selalu menggunakan nomor start #6 menjadi korban taktik tim Rusia pada tahun 1974, Akhirnya Jaroslav kehilangan kesempatan memenangkan Kejuaraan Dunia 250. Kiprah prestasinya dibuktikan nya, saat memenangkan Los Angeles Coliseum Supercross 1974. Jaroslav Falta “hampir menang” pada putaran final Kejuaraan Dunia 250cc 1974 di Wohlen, Swiss, pembalap KTM Rusia Guennady Moiseev unggul tipis 16 poin atas Falta.

Jaroslav di kepung serangan para pebalap Rusia seperti : Pavel Rulev, Viktor Popenko dan Evgeni Rybalchenko dan menyerang Falta tanpa ampun. Falta yang sukses memenangan Moto kedua dan menaklukan “Popenko T-Bone!” yang terkenal itu.  Hebatnya, Falta berjuang kembali untuk memenangkan kedua moto, tetapi Rusia memprotes hasil, mengatakan bahwa Falta telah melompati gerbang awal. Juri FIM memihak Rusia dan menurunkan Falta ke tempat kedua untuk balapan dan mendapatkan 6 poin di Kejuaraan Dunia 250cc.

Jaroslav Falta meninggal mendadak dalam usia 71 tahun pada hari Minggu, 27 Maret 2022. Kabar meninggalnya sang legenda dikabarkan  oleh putrinya Jaroslav Martina, yang terpampang di ulisan ststusnya “Tanpa peringatan, orang dengan hati paling besar meninggalkan kita tadi malam. Aku sangat mencintaimu, ayah.” Ujar Martina.

Untuk mengenang legenda Jaroslav Falta, diadakan lelang replika motor CZ 1975 bermesin 250cc, dan telah terjual di pelelangan seharga $14,000. Replika CZ 250 dan CZ 400 Falta 1975–1976 hampir mirip. Pada tahun 1975 dan 1976, ada dua model—Falta 250 (Model 980.5) dan Falta 380 (Model 981.8). 380 sering disebut 400, tetapi bore dan stroke 82mm x 72mm menghasilkan kubikasi 380cc. Dapat dikatakan bahwa Falta Replicas membawa perusahaan kembali ke garis depan di motorcross, tetapi pada tahun 1977, CZ, bersama dengan pabrikan Eropa lainnya, tidak lagi bersaing dengan merek Jepang.

Dengan pelek alloy pada tampilan model Falta 1975 merupakan peningkatan besar dari tampilan sebagai motor perkebunan yang paling dikenal di CZ. Yang paling signifikan, model Falta 1975 menampilkan peredam kejut udara yang menjadi tren masa depan.

Credit Foto by Justyn Norek  – Jaroslav Falta ( Archive )